Rabu, 27 November 2013


ISTANA penyu di pulau berhala

oleh,

muhammad ali, MLS

Pulau Berhala memiliki koleksi penyu Super besar yang  bisa di naiki. Pulau ini ibarat mutiara  paling luar di Serdang Bedagai yang harus dijaga dan di poles agar tetap bercahaya dan punya nilai jual yang mahal.

Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai yang selama ini kurang dikenal oleh masyarakat luar, sekarang telah berobah menjadi suatu kecamatan yang sering dikunjungi wisatawan. Karena Kecamatan Tanjung Beringin ini mempunyai tempat wisata yang cukup dikenal yaitu Pulau Berhala. Pulau seluas 5 ha.ini telah merobah wajah Kec. Tanjung Beringin menjadi pintu gerbang  bagi wisatawan untuk mengunjungi pulau eksotis ini. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini umumnya adalah para eksplorer.  Kalau boleh di katakan Kecamatan Tanjung Beringin telah menjadi dua bagian yaitu Tanjung Beringin Daratan dan Tanjung Beringin Pulau. Pulau ini hanya dihuni oleh Marinir dan TNI Anggkatan Darat.   



Berarti tidak ada penduduk lain yang menetap di sini kecuali para pekerja musiman yang melakukan perbaikan-perbaikan infrastruktur. Pulau Berhala akhir-akhir ini telah menjadi sejenis ikon Pariwisata Serdang Bedagai selain Theam Park yang berada di Kecamatan Pantai Cermin. Pulau ini  merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatas dengan Malaysia. Berada di titik koordinat 030  46’38”U dan 990 30’03”T, Pulau Berhala hanya berjarak 17 km dari bibir pantai Tanjung Beringin atau 65 km dari Belawan. Walaupun hanya berjarak 17 km dari Tanjung Beringin 


Tetapi karena kondisi kapal yang pas-pasan atau kapal kecil maka lama perjalanan bisa menjacapai 3,5 sampai 4 jam itupun kalau gak pakek mogok hehehe. 




Kawasan pulau Berhala terdiri dari tiga pulau kecil yakni Pulau Berhala sebagai pulau induk , Pulau Sokong Siembah dan Pulau Sokong Nenek. Pulau Sokong Si Embah terletak agak jauh dari Pulau Berhala sekitar kira—kira 50 m sehingga bagi wisatawan yang akan pergi kesana harus menaiki boat atau kapal. Sedangkan untuk berkunjung ke Pulau Sokong Nenek sangat mudah karena pada saat pasang surut pulau tersebut menyatu dengan Pulau Berhala sehingga pengunjung bisa berjalan kaki menuju pulau Sokong Nenek dengan mudahnya sambil menikmati pasir putih. Potensi wisata yang dimiliki pulau ini memang luar biasa. Laut yang bersih dan jernih serta alam tropis yang benar-benar masih asli.



Untuk membangun pulau kecil yang memiliki panjang pantai 700 meter berpasir putih memang harus di tangani secara serius karena pulau ini jauh dari pantauan para pengambil keputusan di Serdang Begadai. Untuk memonitor pembangunan atau fasilitas di pulau ini harus dilakukan secara serius sehingga dana yang dikeluarkan tidak sia-sia belaka. Seperti kita lihat saat ini fasilitas yang telah dibangun dengan dana yang tidak sedikit seperti Shelter, anak tangga yang demikian banyak (hampir seribu anak tangga), barak-barak marinir dan lainnya sepertinya kurang terawat. Sehingga jika ingin dibangun kembali sebaiknya dilakukan program satu paket dengan perawatan. Kalau tidak dilakukan perawatan sepertinya kerjaan sia-sia, berarti cuma program penghamburan uang negara. Demikian juga kondisi pantai, sepertinya tidak diperhatikan sama sekali kebersihannya. Contohnya ada pohon tumbang sampai mengering mengotori pantai dekat Sokong Nenek dibiarkan demikian dan ini sangat mengganggu bagi pejalan kaki dan terkesan benar-benar pulau yang tertinggal.
Snorkling dan Diving



Tidak jauh dari pulau Sokong Nenek  para snokler bisa menikmati tumbuhan ganggang, rumput laut , terumbu karang juga ikan-ikan yang meliuk-liuk berwarna warni menghiasi dasar laut yang jernih. Snorkling bisa dilakukan dari mulai pulau sokong nenek ke arah dermaga Pulau Berhala dan ini tempat yang paling ideal dan indah untuk melakukan eksplorasi bawah laut. Terumbu karang di Pulau Berhala ini kelihatannya banyak yang tidak utuh lagi, sepertinya masih muda atau rusak akibat sesuatu. Kalau kita bandingkan dengan Pulau Rubiah di daerah Sabang, terumbu karangnya banyak yang masih utuh. Khusus untuk kegiatan diving tidak semua pengunjung dapat melakukan karena diving memerlukan keahlian khusus dan lebih beresiko. Sehingga yang dibenarkan untuk diving adalah yang benar-benar telah bersertifikat baru diberi izin.  Pulau Sokong Si Embah berjarak kira-kira 50 m dari Pulau Berhala. Di sisnilah sorganya memancing bagi pemancing maniak. Karena bertarik-tarikan dengan ikan berukuran besar sudah biasa dilakukan para mancing maniak. Ikan kerapu dengan mudah dapat ditemukan di pulau ini. Bagi penjelajah hutan bisa mencoba menelusuri hutan alam di pulau ini. Pohon-pohon besar seperti Rengat, Jeluntung, Meranti, Ketapang dan lainnya juga menghiasi pulau seluas 5 ha ini.  Dalam hutannya, hidup berbagai jenis hewan seperti Napu, Biawak,  Ular dan berbagai hewan lainnya. Biawak selalu saja muncul dari semak dekat barak marinir, sehingga bisa menjadi yang dinantikan bagi penggemar fotografi demikian juga penyu selalu naik ke pantai pada saat bertelur. Penyu menggali pasir hingga sedalam 1 meter dan menyimpan telurnya disana. Karena banyaknya penyu, pasir pantai selalu tampak berukir jejak binatang itu. Atraksi Penyu ( melihat penyu ) bertelur  bisa menjadi andalan wisata Pulau Berhala. Kalau hanya pantai dan karang mungkin bisa saja di dapat di tempat lain, tetapi kombinasi yang terbilang lengkap antara Hutan, Pantai, Memancing, Diving, Snorkling, dan melihat atraksi hewan seperti penyu dan lainnya menjadi suatu paket wisata yang layak jual.   
Saran :
Di pinggiran pantai pulau ini sebaiknya ditanami dengan pohon-pohon cemara dan juga ketapang  kalau pohon-pohon ini di tata pada pinggiran pantai akan menjadi tempat berteduh wisatawan dan terkesan sangat alami dan akan menambah keidahan pulau berhala ini.  Hal-hal sekecil apapun sebenarnya bisa dilakukan kalau yang bertanggungjawab pada tempat itu perduli keindahan dan kebersihan. Penataan tempat-tempat strategis seperti mercusuar perlu dikalukan pembenahan, agar pengunjung dapat menikmati alam yang terbentang luas. Pulau berhala seharusnya bisa juga menjadi tempat bisnis seperti penjuakan sovenier, berupa kaus, gantungan kunci dan lainnya. Ini penting karena sovenier dari satu tempat yang unik pasti sangat diminati wisatawan. Demikian juga alat transportasi seperti boat sebaiknya mengutamakan safety. Setiap penumpang harus dibekali pelampung mengingat ombak yang terkadang cukup mengkhawatirkan wisatawan. Boat yang mengangkut Wisatawan ke Pulau Berhala sebaiknya tertutup sehingga pada saat hujan tiba penumpang tidak basah kuyup. Hal ini sangat penting karena kenyamanan penumpang/ wisatawan adalah nilai jual yang paling baik dari suatu perjalanan.   















Tidak ada komentar:

Posting Komentar